Bandung

Bandung

Namun, setelah mendapat knowledge dukung dari uji klinis fase 1 dan 2 di Cina dan fase three di Brasil – yang keduanya melibatkan subjek lansia di atas 60 tahun – izin penggunaan darurat bagi kelompok tersebut akhirnya diterbitkan oleh BPOM pada Jumat (5/2). Sehingga, nantinya instansi ini yang akan menentukan jadwal vaksinasi, termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, kepada peserta lansia. Tapi, ini berlaku untuk lansia yang memang bergabung atau ikut dalam program instansi tersebut. Vaksinasi COVID-19 sangat penting bagi lansia karena kelompok usia lanjut lebih rentan terhadap infeksi virus Corona. Adanya penyakit penyerta dan kondisi fisik yang mulai melemah membuat lansia lebih sulit untuk melawan infeksi, termasuk COVID-19. Selanjutnya, Dinas Kesehatan akan menentukan jadwal dan termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat lanjut usia.

JAKARTA, KOMPAS — Warga lanjut usia antusias mengikuti vaksinasi Covid-19. Namun, sebagian lansia kesulitan mengakses layanan itu karena keterbatasan persediaan vaksin dan ketidakjelasan informasi pendaftaran serta jadwal vaksinasi. Karena itu, semua pihak mesti membantu warga lansia agar dapat mengakses layanan vaksinasi.

Petugas akan memintamu untuk menunggu selama 30 menit di ruang observasi dan diberikan penyuluhan mengenai pencegahan Covid-19 melalui 3M dan vaksinasi. Kepala Dinas Kesehatan Kebumen, Budi Satrio juga menambahkan, vaksinasi tidak diberikan serentak karena stok vaksin terbatas. Ditambahkan, berdasarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan tanggal 11 Februari 2021, sasaran prioritas vaksinasi Covid-19 akan diperluas. Penyintas covid yang sudah lebih dari three bulan bisa diberikan vaksinasi.

Vaskin covid untuk manula

Negara kecil di Amerika Selatan, Chile juga melakukan vaksinasi massal dengan cepat. Negara dengan populasi sekitar 19 juta orang itu sudah mencapai kuota 19,2 per a hundred penduduk. Presiden Sebastian Pinera mendaat suntikan vaksin perdana secara simbolis pertengahan Februari lalu di kota Futrono. “Persyaratan vaksinasi COVID-19 pada Lansia ya pada umumnya Warga Sragen usia 60 tahun keatas, mendaftar melalui dinkes.sragenkab.go.id nanti harus hadir sesuai jadwal pelaksanaan,” terangnya.

Menurut Sherrvy, batasan pemberian vaksinasi pada lansia mulai dari usia 60 tahun hingga usia 89 tahun. Jika sudah berumur di atas 90 tahun maka sudah masuk kategori tereliminasi. Pemberian vaksin Sinovac ini adalah jenis vaksin in-aktif , yaitu virus/bakteri yang dimatikan dengan suhu panas atau bahan kimia dan perlu dilakukan pengulangan seperti halnya vaksin flu. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendapat vaksin Sinovac buatan Cina saat memulai kampanye vaksinasi massal di Ankara pertengahan Januari silam. Saat ini kuota vaksinasi di Turki mencapai sekitar eleven dari a hundred warga di negara dengan populasi 82 juta orang itu.

Comments are closed.