Berangkat Dari India, Thirteen Abk Positif Covid

Berangkat Dari India, Thirteen Abk Positif Covid

Varian baru COVID-19 B117 dari Inggris terdeteksi di Batam, Kepulauan Riau, berdasarkan pemeriksaan pada sampel warga setempat. Varian kasus baru COVID-19 dari India, B.1617.2, dinyatakan telah masuk ke Jawa Tengah. Tidak hanya meretas nomor WhatsApp dan e mail, hacker Indonesia juga membobol data pribadi PM Israel Benjamin Netanyahu.

Virus covid muatan baru

Kalau bisa tetap berada di rumah dan keluar pun jika memang sangat perlu. Namun, baru-baru ini ditemukan varian terbaru virus corona yang berasal dari Inggris. Ada penjelasan lain untuk temuan ini – Dr Kidd dan rekannya tidak memiliki akses ke informasi tentang kapan orang dalam keadaan sakit dites, misalnya, yang dapat memengaruhi apa yang disebut viral load atau muatan virus.

Menurut Kementerian Kesehatan RI , masyarakat diminta untuk menjauhi kerumunan saat berada di luar rumah. Semakin banyak dan sering bertemu orang, maka kemungkinan terinfeksi virus korona pun semakin tinggi. Awal Januari 2021, sejumlah ahli menyebut varian baru virus korona mulai menyebar ke seluruh wilayah Inggris dan sejumlah negara. Sampel varian ini berasal dari seseorang yang tinggal di daerah Canterbury, Kent, wilayah tenggara Inggris pada September 2020.

Teranyar, sebanyak 13 anak buah kapal berkewarganegaraan Filipina yang melakukan bongkar muatan di Cilacap, Jawa Tengah, dinyatakan terpapar varian corona asal India itu. “Data akumulatif tersebut sudah mencakup penambahan kasus konfirmasi baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir, pasien yang sembuh, dan meninggal dunia,” tuturnya. “Tingginya jumlah yang meninggal menunjukkan lemahnya perlindungan orang-orang tua dari ancaman virus corona,” katanya.

Ia mencontohkan, karantina selama lima hari kepada seseorang yang baru datang dari luar negeri tidak cukup untuk bisa mendeteksi suatu virus. Sebab, ada indikasi bahwa mutasi E484K mengubah protein spike di virus corona sehingga hal itu membuat antibodi tubuh lebih sulit memeranginya. Protein spike merupakan bagian dari virus corona yang bisa terikat dengan reseptor ACE2 di sel tubuh manusia. Dengan kata lain, protein spike menjadi sarana virus corona untuk menempel dan masuk ke sel tubuh.

“Di GISAID sudah hampir eighty persen dari semua virus yang sudah terdata, jadi ini kan menunjukkan bahwa mutan ini menyebar cepat,” katanya. “Ini baru pertama ditemukan di Surabaya karena data Indonesia masih sangat sedikit. Mutasi ini belum tentu di tempat lain atau di wilayah lain di Indonesia belum ditemukan. Hanya saat ini belum ditemukan karena datanya sangat terbatas,” ucapnya. Dia menjelaskan pada bulan Agustus lalu, pihaknya mendeteksi adanya muatan virus yang besar lebih dari eleven juta copies dari salah satu warga Jakarta yang datang ke Pontianak untuk menghadiri pernikahan kerabatnya. Setelah diambil sampel virusnya, ada beberapa muatan virus yang tidak sama dengan COVID-19 yang diketahui saat ini berjenis D614G. Mutasi yang diberi nama B.1.1.7 itu dilaporkan 70% lebih menular dan mengkhawatirkan khususnya untuk anak-anak. Arus distribusi barang terganggu dan sejumlah negara mengenakan larangan perjalanan dari Inggris.

Bisnis.com, PURWOKERTO – Sebanyak 13 anak buah kapal pengangkut gula rafinasi dari India terkonfirmasi positif Covid-19. Beberapa waktu selang kebijakan WHO di atas, WHO akhirnya mengeluarkan imbauan agar semua orang agar selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa Cluster 5 memiliki kepekaan yang agak menurun untuk menetralkan antibodi.

Comments are closed.