Gimana Ya Cara Hadapi Anak Gtm? Yuk Simak Ideas Ini ..

Gimana Ya Cara Hadapi Anak Gtm? Yuk Simak Ideas Ini ..

Pada usia ini, bayi sering memegang makanan sendiri, maka dapat diberikan biskuit atau pisang . Anak suka pilih-pilih makanan, menurut Rini, terjadi karena berbagai faktor. Misalnya saja kepribadian anak yang takut mencoba hal baru, orangtua tidak memberi contoh, serta tekanan saat proses makan. Anda bisa membatasi air minum saat ia makan, misalnya satu gelas untuk satu kali makan.

Penyebabnya bisa beragam, mulai dari bosan dengan menu makanan, sampai sakit seperti batuk, pilek, bahkan sakit gigi. Oleh karena itu, ia akan hanya makan sesuatu yang menarik baginya. Disinilah peran orang tua untuk memutar otak mendapatkan cara mengatasi anak susah makan.

Padahal Anda sudah menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk memasak makanan khusus untuknya. Menurut Michelle Loy, seorang ahli gizi di Amerika Serikat, anak-anak akan lebih tertarik untuk memakan apa yang telah ia masak sendiri, termasuk sayuran. Ini karena anak mengetahui bagaimana proses sayuran itu dimasak, dari masih mentah hingga menjadi sebuah hidangan. Membuat makanan berukuran mini juga bisa membuatnya lebih ramah anak. Bisnis.com, JAKARTA — Membuat anak-anak makan lebih banyak sayuran tidak harus bertengkar. Anda dapat mencoba banyak cara kreatif untuk memperkenalkan dan melayani mereka.

Makanan dengan sumber protein juga harus Anda perhatikan seperti menggunakan kacang-kacangan, daging hingga keju. Mungkin Anda ingin memberikan camilan kesukaan si kecil di antara makanan baru lainnya. Namun, biarkan balita asyik dengan camilannya dan hindari memaksa si kecil untuk makan makanan tertentu. Untuk kondisi tertentu seperti bayi sakit, sangat mungkin bagi si kecil kehilangan nafsu makan, sehingga menolak makanan yang Bunda berikan. Ketika si kecil tidak nafsu makan, ia tentu akan menolak makanan atau makan sedikit. Namun, anda bisa mengakalinya dengan memberikan cemilan sehat untuk si kecil.

Tips agar anak mau makan dengan lahap

Setiap anak menunjukkan tanda yang berbeda, sesuai dengan usia dan karakter mereka masing-masing. Jadi, jika anak “susah makan”, orangtua bisa mengganti menu makanan dari sumber lain. Variasi menu makanan ini diyakini akan membuat anak tidak lagi susah makan. Berikutnya, mineral yang wajib ibu penuhi untuk anak adalah zat besi. Manfaat dari zat besi berguna untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan mencegah anemia. Di dalam tubuh, zat besi ini bekerja untuk membantu pembentukan sel darah merah.

Comments are closed.