Soal Harga Vaksin Mandiri, Bio Farma Tunggu Hasil Pendampingan Bpkp

Soal Harga Vaksin Mandiri, Bio Farma Tunggu Hasil Pendampingan Bpkp

Tujuan vaksinasi gotong royong untuk kesehatan pekerja dan meningkatkan produktivitas pekerja tidak akan tercapai jika harganya terlalu mahal. Sebelumnya Ketua Umum Kadin, Rosan P. Roeslani menyebutkan bahwa ada 6.644 perusahaan yang telah mendaftar untuk berpartisipasi dalam program vaksin gotong royong. Biaya vaksinasi mandiri tersebut untuk dosis dua kali vaksinasi dan peralatan kesehatan sekali pakai untuk proses vaksinasi. Sejauh ini, Fajar menyatakan belum mendapat informasi mengenai penetapan harga vaksin. Namun, dari yang sejauh ini dia ketahui, vaksin yang akan digunakan ada dua jenis yaitu Sinopharm dan Moderna.

Pemerintah memiliki target yang telah ditentukan dalam pendistribusian vaksin ke masyarakat. Terdapat 107 juta penduduk Indonesia yang akan menjadi prioritas vaksin Covid-19. Hal itu terlihat dari survei yang diadakan Kadin, yang menyebutkan seventy eight persen pengusaha mampu membayar biaya vaksinasi sebesar Rp1 juta ataupun di bawahnya. Melalui keterangan resminya, PT Pertamin Bina Medika selaku holding yang menaungi RS Pelni menyatakan, daftar harga pelayanan vaksin Covid-19 itu benar dikeluarkan RS Pelni pada Selasa 2 Februari 2021. Melalui keterangan resminya, PT Pertamin Bina Medika selaku holding yang menaungi RS Pelni menyatakan, daftar harga pelayanan vaksin Covid-19 itu benar dikeluarkan RS Pelni.

Menurut Budi, jika kedua belah pihak telah sepakat dengan harga yang diajukan maka pemerintah akan menetapkan besaran harga batas atas dan bawah vaksin mandiri. Soal harga, Ketua Umum Golkar ini menambahkan, Kementerian Kesehatan segera menerbitkan Permenkes mengenai vaksinasi gotong royong. Nantinya, vaksinasi dengan skema gotong royong akan menggunakan vaksin Covid-19 produksi Sinopharm.

Beberapa rumah sakit diketahui sudah mulai membuka pendaftaran vaksinasi covid-19 berbayar. Siti berujar, kehadiran dan penggunaan vaksin COVID-19 tersebut dalam program vaksinasi di Indonesia, masih dinamis mengikuti proses pengadaan dan izin penggunaannya. Ia meminta agar masyarakat melihat pengumuman vaksinasi melalui situs resmi pemerintah.

Indonesia sendiri sudah sepakat dengan Sinopharm untuk mendatangkan 7,5 juta dosis vaksin sampai Juli nanti. Selain itu, vaksinasi gotong royong juga tetap mempertimbangkan zonasi risiko penularan Covid-19 per daerah. Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Rosan Roeslani sebelumnya menyebut vaksin Sinopharm untuk program vaksinasi gotong-royong atau vaksinasi mandiri rencananya disuntikkan mulai 9 Mei mendatang. “9 Mei tentatif. Harga menunggu dari Bio Farma tapi informasinya Rp1 juta untuk 2x suntik,” ujar Rosan lewat pesan singkat, Ahad, 2 Mei 2021.

Jika vaksinasi sudah berjalan, kemudian ada kenyamanan dan ketenangan, maka bisa bergerak semua, baik itu ekonomi dan kesehatan. Faurani berharap dengan dilakukannya vaksin gotong royong ini setidaknya penguasaha bisa bergerak, meskipun harus mengeluarkan biaya untuk vaksin tersebut. Karena, jika menunggu bantuan dari pemerintah, maka realisasi membutuhkan waktu yang lama. Tapi Kalau di kalangan pengusaha akan lebih cepat terealisasi, maka ekonomi itu akan lebih cepat bergerak.

Harga vaksin mandiri

Akan tetapi, informasi tersebut telah dicabut karena terjadi kesalahpahaman dan RS Pelni tidak memiliki wewenang untuk melakukan pengadaan vaksin. Pemberian vaksin mandiri sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan nomor 10 tahun 2021. Sebelumnya, Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani menyebut vaksin Sinopharm untuk program Vaksinasi Gotong Royong atau vaksinasi mandiri rencananya disuntikkan mulai 9 Mei mendatang. Pendistribusian vaksin Gotong Royong oleh Bio Farma ke fasilitas kesehatan, tutur dia, bisa bekerjasama dengan pihak ketiga. “Perusahaan yang berpartisipasi dalam vaksinasi gotong royong bisa menerima harga tersebut dan Kadin siap untuk mendukung pelaksanaannya,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Hubungan Internasional, Shinta Widjaja Kamdani, Minggu.

Pada jalur mandiri ini, Kementerian BUMN bahkan sudah menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dan PT Bio Farma untuk menggarap infrastruktur teknologi vaksin mandiri ini, mulai produksi, pengiriman hingga penyuntikan ke end user. “Harga vaksin mandiri yg akan dilakukan sekitar beberapa bulan ke depan.,” tulis Darmawan Kwok. Dia menuliskan narasi bahwa infografis soal harga vaksin Covid-19 tersebut dapat menjadi sumber pengetahuan. Dari angka tersebut diperkirakan terdapat sekitar 8 juta tenaga kerja yang akan divaksinasi.

Bambang mengatakan perseroan juga masih melakukan koordinasi dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia mengenai rencana pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong. Terkait dengan hal itu, Kementerian Tenaga Kerja menyatakan akan melakukan penegakan hukum. Selain itu di antara 19 perusahaan yang mengawali Vaksinasi Gotong Royong, bergabung juga Asia Pulp & Paper Sinar Mas memvaksinasi four.000 orang karyawannya di PT Indah Kiat Pulp & Paper, Tbk Tangerang Mill. “Biaya distribusi franco kabupaten/kota, namun tidak termasuk pajak pertambahan nilai ,” tulisnya.

Comments are closed.