Vaksinasi Covid

Vaksinasi Covid

Disalatiga lansia sdh banyak yg dapat vaksin, tapi saya sampai hari ini belum dapat panggilan untuk vaksin. Dwijo adalah seorang dokter spesialis psikiatri yang tahun ini akan menginjak usia yang ke-71 tahun. Sampai saat ini ia masih aktif bekerja di Siloam Hospital Kebon Jeruk Jakarta, dan aktif pula menjalankan praktek di Smart Kid Clinic yang ia dirikan. Seorang pria lansia di Hong Kong meninggal dunia usai mendapatkan vaksinasi COVID-19 produk Sinovac. Oscar Primadi bicara soal skema vaksinasi Covid-19 untuk lansia saat menghadiri peluncuran KillCovid19.

Dalam kesempatan itu, Etik mengimbau setelah vaksinasi tetap menerapkan protokol kesehatan karena vaksin bukan obat corona. PROSESNEWS.ID – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman mengimbau kepada masyarakat untuk mengajak warga lanjut usia untuk divaksin covid-19. Menurutnya, mengikuti vaksinasi merupakan bentuk kepedulian warga untuk melindungi lansia terpapar virus corona atau covid-19. Untuk program vaksinasi lansia ini dilaksanakan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan mengeluarkan Emergency Use of Authorization pada 5 Februari 2021 dan pemberiannya, sama seperti pemberian pada tenaga kesehatan. Dikutip dari laman resmi Covid19.go.id, kelompok penerima vaksin Covid-19 tahap kedua di antaranya adalah Petugas Pelayanan Publik termasuk pedagang pasar, guru, petugas transportasi publik dan lain-lain, serta juga kelompok masyarakat lanjut usia .

“Perlu diingat, kerja sama yang dijalin dengan Halodoc dan Gojek, bukan merupakan bentuk komersialisasi vaksin COVID-19. Kerja sama ini merupakan upaya meningkatkan cakupan vaksinasi di Provinsi DKI Jakarta. Selain itu program vaksinasi drive via ini gratis dan tidak dipungut biaya,” lanjut Wiku. Untuk mengikutinya, masyarakat lansia pun diberikan pilihan fasilitas kesehatan pemerintah maupun organisasi atau institusi yang bekerjasama dengan pemerintah. Jika yang bersangkutan petugas pelayan publik atau lansia bisa koordinasi dengan puskesmas / dinas kesehatan wilayah tempat bekerja. Negara kecil di Amerika Selatan, Chile juga melakukan vaksinasi massal dengan cepat.

Dengan adanya vaksinasi lansia ini, maka strategi ini harus segera dilaksanakan, karena ini akan sangat membantu,” terang dr. H. “Teknisnya nanti menyesuaikan. Selain di puskesmas, bisa saja digelar di balai desa atau dusun, bahkan rumah warga kalau memang kondisinya mengharuskan petugas yang jemput bola. Target kami, akhir Juni vaksinasi untuk lansia bisa diselesaikan,” ujar Rio. Dari dosis yang diterima, lanjut dia, sebanyak 150 ribu dosis diperuntukkan bagi lansia. Sisanya, akan disasarkan pada petugas pelayanan publik, dilanjutkan para pelaku ekonomi dan kalangan lainnya. Menurut Avy, antrean disebabkan karena masyarakat lanjut usia tersebut belum paham cara mendaftar vaksinasi secara online sehingga terjadi antrean yang mengular. Penduduk lanjut usia itu langsung mendatangi RSUD Kembangan dengan membawa KTP untuk mendaftar program vaksinasi Covid-19.

Walkot Jakut Ali Maulana Hakim memastikan antrean vaksinasi untuk masyarakat golongan lansia aman terkendali. Taspen sebagai BUMN Asuransi Sosial terbesar di Indonesia yang setiap harinya mengurus Pensiunan Aparatur Sipil Negara sangat tergerak untuk mendukung acara vaksinasi lansia. Selain menyetujui indikasi untuk kelompok Lansia, Badan POM juga memberikan persetujuan untuk alternatif durasi pemberian pada zero dan 28 hari untuk populasi dewasa yang menjadi alternatif penggunaan pada kondisi rutin . Meskipun durasi pemberian 0 dan 28 hari menunjukan imunogenisitas baik, tetapi dalam masa pandemi untuk mendapatkan cakupan imunisasi yang cepat dengan regimen yang lengkap lebih disarankan menggunakan jadwal pemberian zero dan 14 hari. Organisasi atau instansi dapat bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan untuk melakukan vaksinasi massal untuk peserta lanjut usia.

Sehingga di luar three kelompok prioritas yang memperoleh vaksinasi dari Pemerintah itu, warga bisa memanfaatkan program tersebut. Menurut Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pemberian vaksin COVID-19 untuk lansia akan dilaksanakan setelah vaksinasi untuk tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik. Pada pelaksanaannya terdapat dua pilihan mekanisme pendaftaran bagi masyarakat lanjut usia. Pilihan pertama vaksinasi akan diselenggarakan di fasilitas kesehatan masyarakat baik di puskesmas maupun rumah sakit milik pemerintah dan swasta. Namun, setelah mendapat information dukung dari uji klinis fase 1 dan 2 di Cina dan fase 3 di Brasil – yang keduanya melibatkan subjek lansia di atas 60 tahun – izin penggunaan darurat bagi kelompok tersebut akhirnya diterbitkan oleh BPOM pada Jumat (5/2). Iris menekankan, vaksin yang disediakan pemerintah telah melewati serangkaian uji klinis yang ketat dan aman untuk kelompok usia 60 tahun ke atas.

Sebanyak 250 Lansia di Kramat Jati mengikuti vaksinasi tahap pertama di SMP 281 Jakarta Timur. Kelurahan Sunter Agung berkolaborasi dengan Puskesmas Tanjung Priok terus melakukan pelayanan vaksin bagi masyarakat lansia yang dilakukan di SMA Negeri 41. Bahkan dalam prosesnya, terdapat pula sejumlah fasilitas kesehatan swasta yang dilibatkan. “Badan POM telah mengeluarkan Informasi untuk tenaga kesehatan yang dapat digunakan sebagai acuan bagi tenaga kesehatan dan vaksinator dalam melakukan skrining sebelum pelaksanaan vaksinasi”, tambah Kepala Badan POM.

Vaksinasi COVID-19 untuk lansia akan dimulai dari tenaga kesehatan berusia di atas 60 tahun, kemudian dilanjutkan dengan vaksinasi untuk lansia yang bukan tenaga kesehatan . Di kedua website tersebut akan tersedia hyperlink atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. “Program ini merupakan tindak lanjut dari program vaksinasi nasional yang dicanangkan Pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 sekaligus memperkuat imunitas tubuh khususnya bagi para lansia,” ucapnya.

Vaksin bagi lansia

“Lansia merupakan kelompok rentan karena kekebalan tubuhnya pun menurun seiring bertambahnya usia,” kata juru bicara Satgas Covid-10 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, 23 Februari 2021. Negara miskin, setengah dari populasi dunia hanya menerima 17 persen vaksin. Pelaksanaan vaksinasi drive through yang berlokasi di lapangan parkir corridor C, Jakarta International Expo , Kemayoran, Jakarta Pusat ini merupakan kerja sama antara Kemenkes, Halodoc, dan Gojek. Ditemui di lokasi vaksin, Sularto , warga Kelurahan Wonokarto Kecamatan Wonogiri, merasa senang karena dirinya lolos skrining dan diperkenankan mendapatkan suntikan Sinovac hari ini. “Lansia yang hari ini divaksin dari golongan pensiunan, tokoh masyarakat, tokoh agama, veteran, dan PWRI. Bukan berarti kita mendahulukan golongan yang ini, bukan, tapi karena datanya jelas, lengkap dan siap, maka pensiunan, tokoh agama, veteran dan PWRI mendapat jatah vaksinasi lebih dahulu,” kata Haryono.

Untuk mencapai angka tersebut, cakupan vaksinasi lansia di Jabar diperkiraan harus mencapai 230 ribu lansia per hari. Kondisinya saat ini cakupan di Jabar paling tinggi sebanyak 80 ribu per hari. Sebelumnya kata dia, vaksinasi untuk lansia akan dilakukan pada pelaksanaan Gebyar Vaksinasi bagi Lansia. Namun, itu tak bisa dilakukan karena kondisi fisik dan pertimbangan lainnya, sehingga disepakati vaksinasi Covid-19 dengan mendatangi para lansia. “Insya Allah enggak perlu khawatir, tolong bantu sampaikan ke orang tua, kakek, nenek, tetangga dan semuanya yang tergolong lansia, jangan ragu ikut vaksinasi, ini halal dan aman,” kata Ipuk. Bupati Ipuk berharap agar target one hundred fifty ribu vaksinasi lansia bisa dipenuhi Banyuwangi.

Comments are closed.